Pintu-pintu Neraka

Apabila engkau bertanya tentang pintu-pintu neraka, hal itu pernah digambarkan oleh beberapa ulama terdahulu dengan mengutip firman Allah SWT.

“ Tiap-tiap pintu telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari mereka.” (Q.S. al-Hijr : 44)

Penghuni neraka di antaranya adalah orang-orang kafir, munafik, setan, dan  pengikut-pengikutnya. Antara satu pintu ke pintu yang lain , dibutuhkan waktu untuk melintasinya selama 500 tahun.

Tujuh pintu neraka diantaranya:

1. Jahannam

Dinamakan jahannam , karena penghuninya, baik laki-laki maupun wanita, semuanya bermuka masam dan hitam (karena penderitaan yang mereka alami di dalamnya). Mereka saling memakan daging sendiri dan itulah tempat peling hina di antara tempat-tempat lainnya.

2. Lazaha

Dinamakan demikian, karena api yang berkobar di dalamnya dapat mengelupaskan kulit kepala. Tempat itu dihuni oleh orang-orang yang memakan kedua tangan dan kakinya sendiri. Merekalah orang-orang yang meninggalkan ketauhidan serta menentang ajaran yang dibawa oleh Rasulullah saw.

3. Saqr

Dinamakan demikian, karena penghuninya gemar memakan daging tubuhnya sendiri dengan menyisakan tulang belulangnya.

4. Huthamah

Allah SWT. telah berfirman,

“Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (Yaitu) api (yang dipersiapkan) Allah yang dinyalakan.” (Q.S. al-Humazah : 5-6)

Dinamakan Huthamah, karena penghuninya gemar menghancurkan tulang belulang serta membakar hatinya sendiri. Allah SWT. Berfirman, “Yang (membakar) sampai ke hati.” (Q.S. al-Humazah : 7)

Di dalamnya terdapat api yang membakar kaki manusia, lalu menyambar hingga ke hati mereka dan mengeluarkan bunga api sebesar istana.  Allah swt. Berfirman,

“Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. Seolah-olah ia iringan unta yang kuning.” (Q.S. al-Mursalat : 32-33)

Ia berwarna kehitam-hitaman. Bunga api itu melayan ke udara, lalu turun menimpa wajah-wajah, tubuh dan tangan mereka yang mengakibatkan mereka menangis hingga air matanya terlihat habis. Apabila air matanya telah habis, maka keluarlah darah dari kedua matanya hingga habis pula. Kemudian disusul dengan keluarnya nanah hingga menyebabkan kehabisan pula. Sungguh, jika sekiranya sebuah perahu diletakkan di atasnya (di bawah kelopak mata), maka perahu itu akan dapat berlayar.

5. Jahim

Dinamakan Jahim karena di dalamnya terdapat sebuah bara api yang sangat besat, yang ukurannya melebihi seisi dunia.

6. Sa’ir

Dinamakan demikian, karena neraka tersebut menyemburkan api yang sangat panas kepada penghuninya. Di dalamnya terdapat 300 istana, di setiap istana terdapat 300 rumah dan di setiap rumah terdapat 300 macam jenis siksaan. Di dalamnya pula terdapat ular, kalajengking, besi pengait, dan rantai. Ada pula sebuah sumur kessedihan. Tidak ada bentuk siksaan yang menakutkan melebihi siksaan di dalam sumur tersebut. Apabila pintu sumur itu dibuka, maka seluruh penghuni neraka akan merasakan kesedihan yang sangat.

7. Hawiyah

Barangsiapa yang terperosok ke dalamnya, maka ia tidak dapat keluar selananya. Di dalamnya terdapat sebuah sumur Hubbab. Allah SWT. Berfirman,

“Tiap-tiap kali nyala api Jahannam itu akan padam, Kami tambahkan lagi bagi mereka nyalanya.” (Q.S. al-Israa’ : 97)

Apabiala dibukanya pintu sumur itu, maka akan keluarlah api-api dari dalamnya, yang demikian sesuai dengan firman Allah SWT.,

“Aku akan membebaninya mendaki pendakian yang memayahkan.” (Q.S. al-Muddatstsir : 17)

Maksudnya adalah sebuah bukit yang terbuat dari api, maka para wajah penghuni neraka akan diletakkan di atas bukit tersebut. Tangan mereka terikat sampai pada lehernya, lalu lehernya digabungkan dengan kaki-kaki mereka. Kemudian, malaikat Zabaniyah berdiri tepat di atas kepala mereka dan di tengannya terdapaat sebuah palu besi, yang apabila dipukulkan kepada salah seorang di antara mereka maka pukulan itu akan terdengar oleh seluruh makhluk kecuali jin dan manusia.

Na’udzubillah……

Semoga kita semua tidak termasuk di dalamnya. Aamiin

#wallohu a’lam…

~ by symoetmala on March 12, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: